Nasional

Mensos Kunjungi Korban Banjir dan Tanah Longsor di Wilayah Terpencil, Bantuan Dari Kementerian Langsung Disalurkan

ONLINELUWURAYA.CO, LUWU — Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengunjungi lokasi bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu, (06/10/2021).

Dalam kunjungannya, rombongan Kementerian Sosial RI, di kawal ketat personil TNI/Polri menuju lokasi bencana tanah longsor.

Diketahui bahwa bencana tersebut mengakibatkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan, Satu rumah tertimbun material longsor dan Empat korban jiwa di Desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu, pada Minggu (03/10/21) sore.

Tiba di kediaman keluarga korban, Risma langsung memberikan bantuan santunan Puluhan Juta Rupiah dan bantuan logistik kepada keluarga korban yang diterima langsung oleh orang tua korban.

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini mengatakan bawah beberapa titik yang ada rumah atau hunian akan disiapkan Buffer Stok.

“Jadi saya tadi lihat jalur sepanjang saya kesini, memang sangat riskan untuk terjadi Longsor. Kalau terjadi longsor kemudian akses itu tertutup yang saya khawatirkan adalah runtuhan material longsor mengenai rumah warga,” kata Risma.

Ia menambahkan bahwa, jikalau terjadi longsor kemudian akses itu tertutup yang saya khawatirkan adalah kebutuhan pangan dari warga di beberapa titik ini tidak bisa terpenuhi.

“Beberapa titik yang ada huniannya itu kita akan siapkan Buffer Stok, itu kalau terjadi sesuatu, kita tidak kepingin itu terjadi, kita sebagai manusia diwajibkan untuk berusaha dan kita akan siapkan Buffer stok yang berisi adalah kebutuhan makan dan air bersih kemudian untuk operasional alat kalau diperlukan,” tambahnya.

Terkait sungai dan sulitnya akses jaringan, Risma mengatakan bahwa sungai bukan tugas menteri sosial namun tugas kementrian PUPR dan Kementrian Kominfo RI.

“Sungai bukan tugas saya, tapi akan kami usulkan ke Kementerian PUPR, sekarang juga kebutuhan komunikasi saya juga akan komunikasi dengan Kementerian Kominfo untuk kebutuhan peralatan komunikasi,” ucap Menteri Sosial.

Diberitakan sebelumnya, Tim Sar gabungan berhasil menemukan semua korban tertimbun material tanah longsor. Sebelumnya wilayah ini dilanda hujan lebat dan angin kencang. (**)

Comments

Berikan Komentar Anda

Berita Populer

To Top