Malam Pertama Ramadhan 1444 H, Ini Penyampaian Sekda Luwu

ONLINELUWURAYA.CO, LUWU –– Hasil sidang isbat Kementerian Agama RI yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 22 Maret 2023 bertepatan tanggal 29 bulan Syaban, menetapkan awal puasa Ramadhan 1444 H tahun 2023 jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023.

Dengan adanya keputusan ini, Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Luwu menyambut malam pertama Ramadhan 1444 H dengan melaksanakan sholat tarawih bersama di Masjid Agung Luwu, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa, Rabu (22/3/2023)

Sekretaris Daerah, Drs H Sulaiman MM, mewakili Bupati Luwu, hadir bersama Anggota DPRD, Andi Muharrir, Ketua MUI Kabupaten Luwu, Ketua Persamil, Ketua Baznas dan para alim ulama, memanfaatkan momen tersebut untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat sekaligus menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu beserta jajaran, saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. Mari kita bersihkan hati dan pikiran kita untuk menyambut bulan yang penuh rahmat, keberkahan dan penuh ampunan dengan meningkatkan ibadah sebaik-baiknya,” ucap H Sulaiman membacakan sambutan seragam Bupati Luwu

Bulan suci ramadhan merupakan ruang untuk melakukan refleksi dan introspeksi diri atas segala perbuatan selama menjalani kehodupan setelah ramadhan tahun lalu.

“Momen ini kita jadikan untuk refleksi dan renungan, apakah ramadhan tahun lalu telah membentuk kita menjadi manusia yang bertaqwa atau malah sebaliknya kita menjadi manusia yang menodai eksistensi diri kita sebagai hamba dan sebagai kholifah dimuka bumi ini,” lanjutnya

Puasa ramadhan hakekatnya bukan hanya menahan lapar dan hawa nafsu semata, melainkan juga merupakan latihan terbaik dalam pengendalian diri (the art of self mastery), melatih kesabaran, kejujuran pada diri sendiri, memupuk solidaritas kemanusiaan yang universal. puasa juga melatih seseorang untuk menjadi pribadi yang disiplin, tunduk pada hukum, empati pada orang lain, istiqomah serta menjalankan pola hidup yang efektif. dan ini diharapkan terus berlanjut secara berkesinambungan dan tidak sebatas hanya di bulan suci ramadhan saja.

Dirinya juga mengajak umat Islam untuk menguatkan niat membayar zakat fitrah serta menuntaskan pembayaran zakat mal, agar rangkaian ibadah wajib bisa terlaksana dengan lengkap.

“Selain itu mari kita tingkatkan aktivitas sosial dengan menyantuni anak yatim, fakir miskin dan kaum dhuafa, serta terlibat aktif dalam kegiatan mensyiarkan agama islam di bulan suci ramadhan,” Tuturnya

Tidak lupa pula disampaikan harapan kepada generasi muda agar tidak menyia-nyiakan kesempatan ramadhan 1444 H dengan tidak melakukan perbuatan yang tidak bermanfaat serta dapat mencelakakan diri sendiri dan orang lain.

“Juga buat para ASN,ibadah puasa jangan dijadikan alasan mengurangi kinerja tapi jadikanlah sebagai dorongan untuk meningkatkan produktivitas, karena setiap amal baik yang kita laksanakan pahalanya akan berlipat ganda di bulan suci ramadhan,” tutupnya

Malam pertama sholat tarawih diisi dengan ceramah agama oleh Ketua MUI Kabupaten Luwu, Drs H Nasaruddin Bin A dengan judul ceramah Keutamaan Berpuasa Bagi Umat Muslim. (**)