Sulsel

Karang Taruna Apresiasi Andil PT Vale Dukung Potensi Pemuda

ONLINELUWURAYA.CO, LUWU TIMUR —Karang Taruna Blok Bahodopi mengapresiasi andil PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) dalam mendukung potensi pemuda di 13 desa yang menjadi area pemberdayaan perseroan.
Hal itu disampaikan sejumlah perwakilan Karang Taruna, saat menghadiri safari ramadan yang dilaksanakan PT Vale, di PPR Café, Minggu (10/04/2022).
13 Karang Taruna tersebut, yakni, Karang Taruna Mateantina Desa Kolono, Karang Taruna Laantolongke Desa Ululere, Karang Taruna Amal Bakti Desa Dampala, Karang Taruna Bumi Nikel Desa Bahomotefe, Karang Taruna Tetalo Jaya Desa Nambo, Karang Taruna Mesansafa Desa Unsongi, Karang Taruna Pasir Putih Desa Onepute, Karang Taruna Lingkar Tambang Desa Le-le, Karang Taruna Tapupompa Desa Geresa, Karang Taruna Tunas Baru Desa Laroue, Karang Taruna Sejahtera Desa Lahuafu, Karang Taruna Desa Bahomoahi, serta Karang Taruna Tunas Harapan Desa Siumbatu.
Mengangkat tema “ Together We Achieve Better”, kegiatan menghadirkan Direktur Corporate Affairs and General Admins PT Vale Indonesia Tbk, Yusuf Suharso, Manager External Relation Blok Bahodopi, Asriani Amiruddin, serta jajaran manajemen PT Vale lainnya.
Ketua Karang Taruna Mateantinaa, Mohammad Khalil mengatakan, keberadaan PT Vale sangat diharapkan pemuda-pemuda karena banyak program-program pemberdayaan untuk meningkatkan skill sudah dilaksanakan, diantaranya menggelar pelatihan barista. Pemberdayaan seperti ini patut diapresiasi, karena memberikan skill baru bagi pemuda.
Untuk itu, pihaknya berharap pelatihan serupa yang sifatnya pemberdayaan bisa ditingkatkan lagi, mulai dari meningkatkan potensi pemuda yang memiliki kemampuan sehingga tidak berpikir untuk bekerja. Tapi, sebaliknya bisa membuka lapangan kerja melalui usaha baru.

“Kami berharap hadirnya PT Vale tidak saja membuka lapangan pekerjaan, tapi juga memberikan peluang bagi pemuda-pemuda menciptakan lapangan usaha baru. Salah satunya pelatihan barista yang diberikan, itu bisa menciptakan barista-barista baru sehingga bisa membuka lapangan kerja baru,”katanya.
Ketua Karang Taruna Bumi Nikel, Bahomatefe, Sumarto berharap kehadiran PT Vale bisa bersinergi dengan pemuda melalui Karang Taruna dengan melakukan program pemberdayaan. Termasuk memberikan lapangan usaha, sehingga tidak ada pengangguran di usia muda.
“Kami berharap bisa bersinergi dengan PT Vale untuk mengembangkan potensi pemuda, sehingga tidak ada pengangguran di desa kami. Hadirnya PT Vale dapat membuka lapangan usaha baru melalui pemberdayaan pemuda,”harapnya.
Sementara itu, Direktur Corporate Affairs and General Admins PT Vale Indonesia Tbk, Yusuf Suharso menuturkan, PT Vale sangat terbuka dalam mendukung potensi yang dimiliki Karang Taruna.

Bahkan, dia meminta agar Karang Taruna Bersatu mengusulkan program kemitraan strategis yang bisa mengembangkan potensi mereka
“Bagi PT Vale, peran Karang Taruna sangat penting dalam mendorong peningkatan skill pemuda. Untuk itu, PT Vale sangat terbuka memberikan dukungannya. Silahkan buat program kemitraa strategis agar bisa saling bersinergi,” tuturnya.

“Kesempatan dan kemampuan harus dimanfaatkan dengan baik. Jika PT Vale terbuka tentu ada kesempatan bekerja dan berusaha. Untuk itu, perlu dipertanyakan persiapan apa yang sudah dilakukan untuk hal tersebut. Sehingga, suatu waktu Vale beroperasi karang taruna sudah siap. Jika saat ini PT Vale belum beroperasi, berarti ini kesempatan bisa digunakan Karang Taruna untuk menyiapkan diri,” ungkapnya.
Ke depan, perseroan berharap Karang Taruna Bersatu dan bersama sama mengusulkan program strategis prioritas yang bisa dijalankan bersama untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat serta ekonomi masyarakat.
Safari Ramadan yang dilaksanakan PT Vale menjadi agenda rutin tahunan. Untuk tahun ini, PT Vale menggelar secara bertahap tidak saja bersama Karang Taruna, tapi juga bersama stakeholder lainnya. (*)

 

Comments

Berikan Komentar Anda

Berita Populer

To Top