Kesehatan

Inilah Proses Kutu Beras Bisa Terjadi Serta Cara Pencegahannya

Dari mana sih asal kutu beras itu? Kutu beras berasal dari sekelompok serangga kecil masuk dalam nama lain masuk spesies Tribolium (ordo coleopatra).

Kutu beras ini dapat menyerang dan merugikan beras. Bilamana tidak dilakukan pemantauan ekstra hati-hati dalam perawatan di gudang beras.  Padahal beras sudah disimpan di tempat tertutup masih saja ditemukan kutu dari mana kutu bisa ada ya….!!.

Beras merupakan biji padi yang sudah dikupas bagi mereka yang tinggal di Asia Pasifik. Beras merupakan elemen terpenting dalam kehidupan karena dimakan sehari-hari.

Ada beberapa opini mengenai kutu beras bisa sampai menghampiri beras. Yang pertama kutu beras ini ada sejak beras sudah dikemas. Yang kedua telur beras sudah menempel di beras. Lalu saat kondisi memungkinkan telur ini akan menetas menjadi larva dan akhirnya muncullah kutu beras.

Pencegahan Kutu Beras dengan Fumigasi

Fumigasi merupakan mencegah hama kutu beras agar beras dipastikan aman untuk dikonsumsi manusia. Fumigasi adalah cara tercepat untuk mengontrol kutu beras serta menghemat waktu dan biaya.

Fumigasi menjangkau area yang susah di jangkau dengan cara menyemprot dengan serbuk dan aerosol. Pengendalian kutu beras dengan memasukkan pestisida ke ruangan tertutup atau kedap udara untuk beberapa waktu dalam dosis dan konsentrasi yang dapat mematikan kutu beras.

Membunuh kutu beras menyerang beras yang disimpan di Gudang yang lebih dari tiga bulan. Kelebihan pengendalian hama dengan metode ini yaitu efektif mengendalikan seluruh jenis hama, tidak merusak komoditi utama, tidak meninggalkan bekas residu sehingga tidak mengakibatkan efek bahaya bagi konsumen dan dapat menjangkau hama hingga ketempat yang paling sulit.

Sebab Kutu Beras Hadir

Tumpukan beras memengaruhi populasi kutu beras datang dan mempunyai kemampuan untuk menghasilkan banyak kutu. Jika disimpan lebih dari lima belas tumpukan.

Telur kutu beras bisa juga berasal dari tanaman padi saat padi di panen, telur kutu menetas tapi terlalu kecil dan tersembunyi tidak terlihat butiran berasnya. Jika  kutu beras menyelinap masuk ke dalam tempat penyimpanan beras.

Ini sebabnya cara menyimpan beras turut andil dalam menentukan kualitas dan ketahanan beras tersebut.Jadi untuk menjaga dan merawat kebersihan gudang beras sebaiknya disamping fumigasi diharapkan bisa memberi perlakuan spraying (semprot) secara berkala supaya kutu-kutu bisa maksimal dilenyapkan.

Meskipun ibarat kata kutu beras mudah untuk dibasmi, namun jangan sampai diserang oleh kutu beras. Agar simpanan beras tidak diserang oleh kutu beras maka diusahakan  tertutup rapat dan tidak bisa di masuki oleh kutu beras. Bisa juga menaruh di dekat beras dengan daun jeruk, cabai aroma yang tidak disukai oleh kutu beras agar tidak menghampirinya. Selamat mencoba ya …!!

Comments

Berikan Komentar Anda

Berita Populer

To Top