Kesehatan

Inilah Manfaat Dari Tanaman Porang

manfaat tanaman porang

ONLINELUWURAYA.CO.ID – Manfaat Tanaman Porang – Tanaman porang (Amorphophallus muelleri Blume) atau disebutkan iles-iles adalah tipe tanaman yang tumbuh liar di rimba. Dikutip dari situs Pusat Riset dan Peningkatan Perkebunan, porang terhitung di di tumbuhan semak (herba) yang berumbi dalam tanah.

Tanaman porang sebagai tanaman asli Indonesia dan sudah lama dikenali dan digunakan oleh warga. Bahkan juga pada jaman penjajahan Jepang, warga disekitaran rimba dipaksakan untuk memperoleh porang buat kepentingan bahan pangan dan industri mereka, menurut Pusat Riset dan Peningkatan Tanaman Pangan.

Tanaman umbi iles-iles memiliki kandungan glukomannan atau umum disebutkan Konjac Glucomannan (KGM) yang berupa tepung. Kandungan tepung ini dapat dibuat jadi beragam jenis hal dan berperanan sebagai bahan alternatif. Kandungan karbohidrat yang ada di umbi iles-iles capai lebih dari 80%, jadikan karbohidrat elemen paling penting dalam tanaman ini.

Manfaat Tanaman Porang

Sumber Pangan Sehat

Perubahan tehnologi yang terjadi membuat tanaman porang bisa dipakai sebagai bahan pangan alternative. Senyawa glukomanan pada tanaman porang bisa diganti jadi tepung yang banyak mengandung nutrisi.

Selanjutnya tepung banyak mengandung nutrisi yang dibuat dari tanaman porang termasuk rendah kalori dan tinggi serat. Biasanya, tanaman porang akan diganti jadi tepung konyaku.

Tepung konyaku yang dibuat dari tanaman porang bisa menetralisir kandungan asam pada tubuh. Disamping itu, konyaku porang pas untuk dimakan oleh pasien diabetes, pasien alergi gluten, dan beberapa orang yang diet rendah kalori.

Konyaku sebagai makanan ciri khas Negeri Sakura yang sering dicicipi dengan shirataki. Makanan itu dibuat dari tanaman porang berupa tepung yang dibuat jadi konyaku.

Menurunkan Berat Badan

Shirataki sebagai salah satunya bahan pangan yang terkenal untuk beberapa orang dalam periode diet. Tanaman porang dijumpai jadi bahan kombinasi pembikinan shirataki yang mempunyai senyawa glukomanan.

Senyawa glukomanan pada tanaman porang menjadi pengental alami. Senyawa itu dipandang bekerja efisien untuk turunkan berat tubuh.

Sebuah study mengutarakan jika pasien kegemukan yang jalani diet dengan konsumsi senyawa glukomanan alami pengurangan berat tubuh. Study itu sukses menunjukkan jika tingkat trigliserida dan berat berlebihan bisa turun dengan berarti.

Bukti menariknya, pengurangan berat tubuh yang terjadi masih tetap jaga kandungan kalsium dan zat besi pada tubuh. Tanaman porang yang memiliki kandungan senyawa glukomanan bisa perlambat pengosongan perut dan percepat rasa kenyang.

Mencegah Kanker

Kelebihan dari Tanaman Porang sebagai pencegah kanker terbukti melalui riset pada hewan, faedah porang dari tepung konyaku dapat menahan penyakit kanker paru-paru. Manfaat porang ini tidak cuman berguna untuk menghalangi perkembangan kanker dan zat prakanker, tetapi juga menahan kanker. Disamping itu, study menunjukkan faedah konyaku glukomanan dapat turunkan tingkat kegarangan tumor dan kanker.

Mengurangi Kadar Kolesterol

Kandungan glukomannan pada tanaman porang umbi bisa kurangi kandungan cholesterol di darah. Disamping itu, serat yang ada pada porang biasa dipakai sebagai alternative diet, bagus untuk turunkan berat tubuh atau untuk orang yang mempunyai diabetes.

Tapi harus diingat, jika pemakaian porang untuk menyembuhkan penyakit tetap harus ditanyakan lebih dulu ke dokter. Ini karena ada efek yang dapat dirasa bila tubuh kamu tidak pas yang mengandung porang.

Menangani sembelit

Glukomanan yang ada dalam porang bisa menolong menangani permasalahan sembelit akut. Hasil riset memperlihatkan, pasien sembelit yang dikasih glukomanan sepanjang 10 hari, frekwensi bab-nya dapat normal kembali. Setelah ketahui deretan faedah prospektif tanaman porang untuk kesehatan, Anda masih meremehkan tanaman punyai berbau tidak lezat ini?

Sebagai material dasar industri

Menurut Balai Riset Tanaman Bermacam Kacang dan Umbi (Balitkabi), porang memiliki kandungan glukomanan yang mempunyai beragam karakter yang bisa digunakan untuk material dasar industri pangan, kimia, dan farmasi. Contoh-contoh pemakaian porang diantaranya untuk produk makanan seperti konnyaku dan shirataki. Porang dipakai untuk produk kue, roti, es cream, permen, dan lain-lain.

Dan untuk industri kimia, porang dipakai sebagai bahan perekat seperti lem dan cat tembok, lapisan kedap air, penguat tenunan kain, dan bahan pembikin kertas yang tipis dan tahan terhadap air.

Membantu Penyerapan Kalsium

Porang yang termasuk dalam kerabat Araceae dijumpai mempunyai faedah kesehatan untuk menolong peresapan kalsium. Sebuah riset mengutarakan jika tanaman porang memiliki kandungan alkaloid dan kristal kalsium oksalat.

Kandungan itu termasuk sebagai senyawa anti nutrisi yang bisa mengikat kalsium. Kandungan senyawa alkaloid dan kristal kalsium oksalat pada tanaman porang berperanan penting dalam mempernyerap kalsium untuk jalankan peranan saraf dan serat otot.

Itu bermacam manfaat tanaman porang di beberapa jenis sektor, dimulai dari kesehatan sampai industri. Tanaman porang yang mempunyai sejuta faedah diharap menjadi komoditi export unggulan baru dari Indonesia.

Ringkasan

Tanaman Porang sekarang ini sudah banyak di budidaya oleh warga Indonesia karena kandungan yang ada pada porang benar-benar banyak faedahnya bagus untuk kesehatan atau untuk keperluan yang lain. Artikel lengkap tentang manfaat dan ekstraksi porang dapat dilihat di pancaprimawijaya.com

Comments

Berikan Komentar Anda

Berita Populer

To Top