Sulsel

DPD Perhiptani Luwu Utara Siap Bergerak Wujudkan Pertanian Maju dan Modern

ONLINELUWURAYA.CO, LUWU UTARA — Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mendapat mandat untuk menyerahkan secara resmi Surat Keputusan (SK) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Luwu Utara Periode 2021 – 2026.

 

Penyerahan SK DPD Perhiptani Luwu Utara dilakukan di Gedung Pertemuan Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Tanalili, Jumat (3/12/2021). Bupati Indah Putri Indriani menyerahkan SK DPD Perhiptani kepada Ketua DPD Perhiptani Luwu Utara 2021 – 2026, Made Sudana.

 

Penyerahan SK DPD Perhiptani diikuti dengan pemasangan PIN Perhiptani oleh Bupati Luwu Utara kepada Ketua DPD Perhiptani Luwu Utara, kemudian diikuti dengan pemasangan PIN Perhiptani secara serentak oleh seluruh pengurus dan anggota DPD dan DPC Perhiptani.

 

Usai penyerahan SK DPD Perhiptani, Bupati Indah Putri Indriani bersama Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pertanian, serta Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan menyaksikan kegiatan prosesi Pengukuhan DPC Perhiptani oleh DPD Perhiptani.

 

Kegiatan ini juga dihadiri Sekjen DPP Perhiptani, Lamhi Hutauruk, dari Jakarta melalui aplikasi zoom meeting. Penyerahan SK DPD Perhiptani dan Pengukuhan DPC Perhiptani ini dirangkaikan dengan pameran hasil pertanian dan donor darah oleh penyuluh pertanian.

 

Tak kurang 200 penyuluh hadir dalam kegiatan yang mengambil tema “Perhiptani Profesional, Inovatif, dan Produktif di Masa Pandemi”. Hadir pula Camat Tanalili Isa Ansari, Camat Sukamaju Muhammad Pajar, dan Camat Bonebone Syahruddin, dan Kepala BLK Tanalili, Marsumar.

 

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dalam sambutannya meminta Perhiptani untuk mengidentifikasi semua permasalahan sektor pertanian yang terjadi di lapangan dengan terus bergerak secara serentak melalui 3 pendekatan, yaitu terstruktur, sistematis, dan masif.

 

“Saya melihat organisasi profesi seperti ini, karena dia spesifik, maka daya lekatnya jauh lebih kuat, sehingga kemampuan untuk bergerak serentak mudah untuk dilakukan,” kata Indah. Ia berharap Perhiptani mampu mengakselerasi target-target yang ditetapkan dalam RPJMD.

 

“Perhiptani harus mampu melihat peluang bagaimana menggerakkan teman-teman penyuluh pertanian agar bisa lebih masif dalam bekerja,” imbuh dia.

Indah berpesan agar Perhiptani mampu menjaga kebersamaaan dan kekompakan serta mampu bekerja secara terukur.

 

“Pemda Luwu Utara menghaturkan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada penyuluh, karena saya yakin apa yang kita capai hari ini tidak lepas dari kerja keras dan dedikasi yang kita tunjukkan, khususnya dalam melakukan pendampingan terhadap kelompok tani,” ucapnya.

 

Lebih jauh ia menambahkan bahwa penyuluh sejatinya memiliki banyak fungsi yang harus diimplementasikan, di antaranya sebagai motivator, inisiator, fasilitator, dan mediator.

“Saya yakin, banyak praktik baik yang kita lakukan. Hanya saja belum dipublikasikan,” tandasnya.

 

Sementara itu, Sekjen DPP Perhiptani, Lamhi Hutauruk, mengatakan bahwa apa yang telah dilakukan DPD Perhiptani Luwu Utara dengan menggelar Penyerahan SK DPD dan Pengukuhan DPC Perhiptani merupakan suatu terobosan baru yang dilakukan oleh Perhiptani.

 

“Ini adalah sebuah terobosan baru dengan mengadakan pertemuan virtual di masa pandemi,” kata Hutauruk. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Luwu Utara, Ketua DPRD Luwu Utara dan Sekda Luwu Utara atas kehadirannya dalam kegiatan tersebut.

 

Pada kesempatan itu, Hutauruk juga mengimbau DPD Perhiptani segera melakukan pendataan nomor anggota.

“Sebagai organisasi profesi, perlu ada database, utamanya nomor anggota,” terangnya. Nomor anggota ini, kata dia, nantinya akan dikeluarkan DPP Perhiptani.

 

“Nomor anggota ini sifatnya sentralistik. DPP yang keluarkan, kemudian masing-masing DPD mencetaknya. Jadi, bikin permohonan nomor anggota secepatnya, karena ini prinsipil. Nanti DPP yang menerbitkan nomor anggotanya. Nanti ada formulir yang harus diisi,” jelasnya.

 

“Kita berharap DPD Perhiptani mampu mewujudkan kegiatan-kegiatan profesi. Lakukan rapat untuk merumuskan program kerja satu tahun ke depan. Selamat berjuang memajukan Perhiptani untuk mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern,” pungkasnya. (LH)

Comments

Berikan Komentar Anda

Berita Populer

To Top