Ekonomi

Bapenda Palopo Capai PAD Rp8,9 Miliar di Triwulan I

ONLINELUWURAYA.CO, PALOPO —Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Palopo, Muh Ibnu Hasyim S.STp, Rabu (27/4/2022), optimistis perolehan PAD akan terus meningkat seiring mulai pulihnya sektor dunia usaha.

Hal ini terlihat dari penagihan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palopo untuk periode triwulan I tahun 2022, mencapai Rp8,9 miliar atau jika diprosentasekan sekitar 22,41%.
Untuk diketahui, target PAD Palopo di 2022 sebesar 52.995.900.000. Ibnu Hasyim yakin, target itu bisa terlampaui atau mengalami over pemasukan.
Dari 11 item pajak daerah dan dua item retribusi daerah, objek PAD yang cukup menonjol pemasukannya seperti pajak BPHTB, pajak penerangan jalan umum, hingga pajak hotel dan restoran.
Khusus pajak hotel dan restoran, Bapenda merencanakan kembali menggelar undian door prize usia hari raya Idul Fitri 1443 H.

“Insya Allah, habis Lebaran Idul Fitri kita undi dengan berbagai macam hadiah seperti televisi, hand phone, sepeda sport, dll,” beber Ibnu Hasyim.
Ia menambahkan, pajak hotel dan restoran tetap diharapkan menjadi penyumbang PAD terbesar di Palopo, mengingat iklim usaha restoran sudah menggeliat begitu pun tingkat hunian hotel kembali meningkat.
“Sekarang tinggal ketaatan dan kedisiplinan dari pelaku usaha restoran dan hotel untuk mempergunakan mesin empost yang telah dipasang pada meja-meja kasir di setiap restoran/rumah makan serta hotel. Guna mengecek penerimaan pajak hotel dan restoran itu, Bapenda akan melakukan uji petik yang disinkronisasikan dengan data transaksi empost,” tutup Ibnu. (*)

Comments

Berikan Komentar Anda

Berita Populer

To Top