Olahraga

Babat Rumput Stadion Lagaligo, Ketua KONI Palopo: Kasihan dan Menyedihkan

ONLINELUWURAYA.CO, PALOPO  — Ketua KONI Kota Palopo Hairul Salim atau yang akrab disapa Kakak Ellunk meradang.

Pasalnya, saat meninjau venue untuk perhelatan Soeratin Cup 2021 pada Jumat sore (17/12/2021), sekira pukul 16.30 Wita, Pegiat olahraga panjat tebing itu mengaku bersedih karena fasilitas olahraga di kota Palopo tidak semakin baik dikelola Pemerintah.

Tidak hanya bersedih, ia juga rela berkeringat turun tangan langsung dan ikut membabat rumput stadion dengan alat pembabat sederhana.

Ia menyayangkan jika Dinas Pemuda dan Olahraga kota Palopo dan juga Dinas terkait lainnya tidak concern memperhatikan pembinaan prestasi olah raga dan termasuk juga sarana serta fasilitas penunjangnya.

“Contohnya stadion La Galigo ini. Masa’ cuma lintasan lari-nya saja yang dibabat rumputnya, itupun oleh Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup. Tetapi rumput yang ada di Tribun Terbuka yang tumbuh liar dan sudah tinggi di sela-sela batu tempat duduk tidak ikut dibersihkan dan malah dibiarkan. Ini kurang sedap dipandang apalagi Piala Soeratin 2021 tidak lama lagi digelar. Kasihan dan menyedihkan,” ujar Hairul Salim sambil mengelus-elus dadanya dengan wajah muram.

Ia menambahkan, sejak dijabat Zulkifli selaku Kadispora menggantikan Nuryadin, perhatiannya terhadap perkembangan atlet dan venue olahraga di Palopo kurang terlihat nyata.

Namun, dia juga memaklumi, jika kondisi keuangan kota Palopo selama Pandemi Covid-19 membuat sejumlah mata anggaran bagi pembinaan melalui Cabor juga ikut tergerus termasuk di KONI Palopo sendiri.

“Harapan saya, pemulihan ekonomi Palopo lewat olah raga dan pembinaan atlet usia muda bisa bergairah kembali. Olahraga ini adalah salah satu penyumbang peningkatan ekonomi dan daya beli masyarakat. Karena uang berputar (dari event olah raga) banyak dirasakan manfaatnya bagi pedagang kecil, tukang siomay, tukang parkir, tukang sablon jersey, percetakan, tukang ojek (transportasi), penjual pulsa data (telekomunikasi) dan sebagainya yang notabene masyarakat kelas bawah,” bebernya.

Untuk diketahui, pada Senin 20 Desember 2021 mendatang, Palopo ditunjuk oleh Asprov PSSI Sulsel untuk menjadi tuan rumah sesuai surat penunjukkan yang baru diterima Askot PSSI Palopo kurang lebih 8 hari lalu. Event ini untuk group D dihelat selama 6 hari, sejak 20-25 Desember.

Dalam Piala Soeratin U-15 group D, ada 4 Tim yang akan bertanding memperebutkan 2 tiket menuju ke Putaran Kedua nanti. Keempatnya adalah Gaspa 1958 selaku tuan rumah, PS Luwu, Gasma Enrekang dan Palopo United FC. (**)

Comments

Berikan Komentar Anda

Berita Populer

To Top